loading...

Gara-Gara Natal, Leetuk 'Suju' Ungkap Urungkan Niat Bunuh Diri


SEOUL - Leeteuk, leader grup Korea Super Junior mengaku pernah depresi layaknya almarhum Jonghyun "SHINee" selama wajib militer. Karenanya, ia pun merasa terbebani lantaran tidak bisa benar-benar membantu sebelum mengetahui bahwa Jonghyun bunuh diri atas perasaan yang tidak jauh berbeda darinya tersebut.

Di Instagram, Senin (25/12/2017) pagi, ia menulis ucapan panjang tentang depresi sebagai salah satu cara merayakan Hari Natal. Pria 34 tahun itu yakin Jonghyun sudah banyak mempertimbangkan bunuh diri sebelum akhirnya benar-benar dilakukan. Begini pesan Leeteuk seperti yang ditulisnya di media sosial tersebut, dilansir Allkpop.

"...Tak ada yang bisa mengaku kenal baik dirimu dan mungkin tak ada yang bisa bilang sudah tahu banyak karena kalian dekat. Kesepian, kemarahan, dan kesedihan...kupikir aku harus banyak memikirkannya sampai-sampai kamu membuat keputusan terakhir, lantaran tidak bisa mengungkapkannya pada orang-orang yang ditinggal. Hatiku semakin sakit saat tidak bisa menarik tanganmu yang meminta tolong. Semua orang mengalami kesulitan dan sakit yang tidak bisa diukur, dan emosi seseorang saat mengalaminya akan sangat sulit ditahan," tulis Leeteuk.

"Aku juga pernah depresi berat dan sempat berpikir lebih baik mati daripada hidup dengan hari-hari yang semakin sulit. Di militer, mereka mungkin berpikir aku cari perhatian. Ini terus ada sampai hampir setahun tapi aku berhasil melaluinya. Karena aku pernah mengalami, harusnya lebih baik kalau aku menemukan jalan keluarnya, sekecil apapun...mungkin karena ini Natal, dan aku merasakan dalamnya arti Keajaiban Natal. Kupikir hidup bahagia itu lebih penting sekarang. Kuharap semua orang menjalani harinya se-spesial seperti saat Natal," lanjutnya.

Jonghyun diketahui meninggal dunia lantaran mengisap karbon monoksida dari briket batubara yang ia bakar. Aksi tersebut cukup lumrah sebagai percobaan bunuh diri di kalangan kelas menengah ke atas Korea Selatan. Tak lama setelah ia meninggal, dunia berdebat mengenai kesehatan mental seseorang dan depresi.

Kontan, para fans langsung ingin menemani Leeteuk. Kolom komentar foto unggahannya itu ingin meyakinkan bahwa ia tidak sendiri dan ditemani para fans. Meski begitu, Leeteuk bukan yang pertama kali meninggalkan pesan. Sebelumnya, Taeyeon dan Seohyun "SNSD" juga mengungkap sesal karena tidak bisa menemani Jonghyun di saat mereka paling dibutuhkan.

"Ingatlah bahwa kamu tidak sendiri, kami akan selalu mendukungmu, kami selalu ingin kamu melakukan hal yang menyenangkan. Hiduplah untuk diri sendiri. Merry Christmas oppa," tulis seorang netizen.
(ade)